Hallo sobat jadi kepo, membuat surat lamaran pekerjaan merupakan hal yang tidaklah mudah bahkan ada pula yang menggunakan sebuah jasa untuk membuat surat lamaran ini. Sehingga bisa dibilang surat lamaran adalah jalan untuk mendapatkan sebuah pekerjaan yang kita lamar.
Tapi sebelumnya saya ingin bertanya kepada sobat semuanya, Apakah kalian tahu apa saja hal yang diperlukan dalam sebuah surat lamaran pekerjaan..?
Jika kalian semua belum mengetahui apa saja yang diperlukan, maka kalian tidak salah membuka atau klik artikel ini. Dimana sesuai dengan judul artikel saya akan membahas secara detail apa saja hal yang diperlukan dalam sebuah surat lamaran pekerjaan itu.
Namun sebelum masuk ke hal terebut mari kita mengenal apa yang dimaksud dengan surat lamaran pekerjaan. Berikut penjelasannya :
Pengertian Surat Lamaran Pekerjaan
Surat lamaran pekerjaan yaitu sebuah surat yang memiliki isi permohonan kepada suatu perusahaan, lembaga, ataupun PT untuk bekerja.
Dimana isi dalam surat lamaran tersebut terdiri dari Data Diri, Pendidikan, Keterangan Keahlian sekaligus pengalaman dan jasa yang dijalani. Maka tidak heran jika di dalam surat lamaran ini kita sering melakukan promosi diri.
Selain itu juga dalam menyusun sebuah surat lamaran pekerjaan harus sistematis dan terstruktur dengan baik dan benar.
Bagian bagian surat lamaran pekerjaan tidak hanya memiliki alinea pembuka dan juga alinea penutup. Namun ada beberapa hal yang harus diperhatikan diantaranya sebagai berikut :
Hal Yang Diperlukan Dalam Sebuah Surat Lamaran Pekerjaan
Dalam menyusun sebuah surat lamaran pekerjaan dan supaya diterima oleh HRD di suatu perusahaan tujuan kita. Maka kalian perlu memperhatikan beberapa hal penting berikut ini :
1. Tempat dan Tanggal
Sering kali mereka para pelamar lupa dengan tanggal dan tempat di surat lamaran pekerjaan nya. Biasanya hal ini disebabkan karna terburu-buru ketika membuat surat lamaran ataupun terlalu banyak membuat surat lamaran tersebut.
Maka jangan sampai kalian melupakan tanggal dan tempat ketika membuat surat lamaran pekerjaan.
2. Hal dan Lampiran
Hal dan lampiran dalam surat lamaran pekerjaan merupakan sebuah syarat supaya HRD di perusahaan yang kalian tuju merasa tertarik dan menjadi menarik.
3. Tujuan dan Alamat Surat
Tujuan dan alamat dari surat lamaran pekerjaan harus jelas dan terperinci dengan baik.
4. Ucapan Salam Pembukaan
Salam pembuka dalam surat lamaran merupakan langkah kita dalam menarik perhatian dari HRD perusahaan yang kita tuju.
5. Alinea Pembuka
6. Isi ( Seperti Data diri, berkas-berkas dsb)
Isi dalam surat lamaran pekerjaan diantaranya dalah seperti data diri atau CV, berkas-berkas seperti piagam, fotocopy ktp, fotocopy ijazah dsb.
7. Penutup
Setelah semua sudah terisi dan sesuai urutannya kalian bisa mengakhirinya dengan kata penutup.
Kesimpulan :
Dari penjelasan diatas yaitu Hal yang diperlukan dalam sebuah surat lamaran pekerjaan semoga dapat memberikan sebuah informasi dengan baik dan benar. Selain itu jika kalian memiliki saran dan kritik bisa komen di kolom komentar.
Sekian dari saya dan Terima Kasih.....
Posting Komentar untuk "7+ Hal Yang Diperlukan Dalam Sebuah Surat Lamaran Pekerjaan"