Ternyata Begini Cara Ekspor Arang Briket Batok Kelapa, Yuk Simak! - Kok Jadi Kepo - Sekilas Informasi Teknologi dan Bisnis

Ternyata Begini Cara Ekspor Arang Briket Batok Kelapa, Yuk Simak!



Cepat panas, tidak menimbulkan debu, serta eco friendly. Itulah yang membuat kualitas briket arang batok kelapa Indonesia begitu diminati di luar negeri. Hal ini juga membuat banyak pengusaha yang menjajal peluang bisnis ini. Jika kamu salah satunya, beginilah cara ekspor arang briket batok kelapa, strategi pemasaran, juga harga ekspornya!

Cara Ekspor Briket Arang 

Nah, jika kamu tertarik ingin ekspor briket arang, ketahuilah dulu bagaimana cara ekspor komoditas ini, yaitu:

1. Tentukan Jenis Briket Arang yang Ingin Diekspor

Penting untuk menentukan terlebih dahulu jenis briket arang yang ingin kamu ekspor. Pastikan kamu memilih produk arang briket yang sudah ada marketnya. Berdasarkan penggunaannya, ada beberapa jenis briket arang yang biasanya dikirim ke luar negeri yang kami lansir dari laman Star Express Indonesia, di antaranya:

  • Arang briket hexagonal (bracket hardwood), biasanya dimanfaatkan untuk keperluan BBQ di restoran atau rumahan. Dan negara yang paling banyak mengimpor jenis briket arang ini adalah negara-negara di Asia, seperti Korea Selatan dan Jepang, Eropa, serta Amerika.

  • Arang briket batok kelapa (charcoal shisha), biasa digunakan untuk membakar roti atau keperluan merokok (shisha atau hookah) bagi masyarakat kawasan Timur Tengah. Jenis briket arang ini paling banyak diminati oleh negara-negara Timur Tengah, seperti Iran, Iraq, Mesir, dan Arab Saudi.

  • Arak aktif (activated charcoal), biasanya dimanfaatkan oleh negara-negara seperti Taiwan, Cina, dan Hongkong untuk keperluan sanitasi atau pertambangan emas.

  • Arang bantal, cenderung dimanfaatkan oleh masyarakat luar negeri untuk memenuhi kebutuhan industri, seperti bahan bakar penggerak turbin listrik.

2. Cari Buyer 

Setelah menentukan produk arang briket mana yang ingin kamu ekspor, cara selanjutnya adalah mencari buyer luar negeri. Namun, pastikan dulu kamu sudah mendirikan usaha berupa CV atau PT yang mengantongi identitas kepabean. 

Tunjukkan profesionalitas usaha kamu dengan memiliki website, akun media sosial, atau marketplace khusus untuk produk kamu. Selanjutnya, buatlah katalog produk, supaya calon buyer yakin untuk membeli arang briket kamu.

Setelah itu, kamu bisa coba meminta bantuan pemerintah untuk memasarkan produk kamu atau rajin mengikuti pameran ekspor impor. Cara lain yang bisa kamu lakukan untuk membidik buyer luar negeri adalah melalui platform Trade Map

Buatlah akun di Trade Map terlebih dahulu. Pada kotak dialog yang pertama, ketik kode 440290 untuk mengetahui statistik penjualan briket arang. Klik ‘Trade Indicators’, kemudian kamu akan diarahkan menuju list negara importir briket arang. 

Nah, dari sini kamu bisa tahu negara mana saja dengan demand yang tinggi untuk kemudian kamu jadikan target pemasaran briket arang batok kelapa kamu.

3. Tentukan Harga Ekspor Briket Arang

Cara selanjutnya yang tak kalah penting sebelum ekspor briket arang adalah menentukan harganya. Harga briket arang sendiri bervariasi, tergantung kualitasnya, serta terpantau fluktuatif di pasaran. Untuk saat ini, harga arang briket yang termurah adalah Rp12.000,00/kg dan yang termahal mencapai Rp100.000,00/kg. 

Namun, jika sudah masuk pasar ekspor luar negeri seperti Amerika, Eropa, Asia, dan Timur Tengah, harga briket arang bisa mencapai angka 1.300 USD per tonnya atau setara Rp19.372,00/kg. Kisaran harga ekspor briket arang ini ditentukan oleh beberapa faktor, yaitu:

  • Tingkat kadar air, kategori arang briket yang berkualitas adalah yang tingkat kadar airnya sekitar 7%–12%.

  • Melalui proses pemanasan tinggi, kurang lebih 1000 derajat celcius.

  • Tempurung kelapa yang dipilih berasal dari kelapa tua, karena bisa menghasilkan briket arang yang keras dan tebal.

  • Perbandingan campuran antara arang, tepung kanji, dan air yang tepat.

  • Penggunaan mesin yang sesuai standar.

Lantas, bagaimana cara menentukan harga ekspornya agar sesuai? Berikut ini beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk menentukan harga ekspor briket arang, di antaranya:

  • Tawarkan harga kompleks berupa harga produk per paket yang sudah mencakup harga promo dan kuantiti diskon.

  • Sesuaikan harga produk terhadap perubahan harga pesaing.

  • Gunakan sistem dumping dengan menawarkan everyday low price.

4. Pastikan Produk Arang Briket Kamu Memenuhi Standar

Standar atau spesifikasi arang briket hexagonal (bracket hardwood) antara lain memiliki kadar kalori 6.500–7.000 kkal, kelembaban 70%, dan burning time 4 jam. Sementara itu, spesifikasi arang briket batok kelapa untuk shisha adalah memiliki kadar kalori 7.000 kkal, kelembaban 7%–10%, fixed carbon 84%, dan burning time 2 jam.

5. Kemasan dan Label

Sesuaikan kemasan produk dengan persyaratan negara tujuan ekspor. Pastikan kemasan yang kamu gunakan memenuhi standar keamanan, tahan pengiriman, dan mencantumkan beberapa informasi penting, seperti nama produk, komposisi, instruksi penggunaan, dan label bahasa negara tujuan.

6. Persiapkan Ekspor

Jika kamu sudah mendapatkan buyer dan memastikan produk arang briket kamu memenuhi spesifikasi, cara selanjutnya adalah menyiapkan proses ekspor. Rencanakan dan atur logistik pengiriman barang secara efisien. Cari mitra logistik yang handal dan berpengalaman dalam ekspor-impor. 

Siapkan juga beberapa dokumen penting untuk keperluan pengiriman briket arang ke negara pengimpor. Mulai dari dokumen Material Safety Data Sheet (MSDS), surat Heat Treatment, Sertifikat Uji Pemanasan Sendiri, packing list, dokumen Bill of Lading, hingga Custom Clearance.

Peluang Bisnis Ekspor Briket Arang Batok Kelapa

Meskipun sempat menurun karena pandemi Covid-19, nilai ekspor arang batok kelapa mulai menunjukkan peningkatan kembali. Melansir dari data BPS di laman daya.id, sejak 2021, nilai ekspor arang ini terhitung mencapai 4.930,15 juta USD dari yang semula hanya 3.789,79 juta USD pada tahun 2020, dan jumlah ekspornya hingga kini terus meningkat.

Itu karena kualitas briket arang batok kelapa asal Indonesia merupakan yang terbaik di pasar luar luar negeri. Bahkan, rata-rata briket arang Indonesia sudah memenuhi standar di beberapa negara, tak terkecuali Eropa yang memiliki standar tertinggi di pasar ekspor.

Selain itu, lonjakan permintaan juga datang dari berbagai negara yang mengimpor produk ini dari Indonesia. Sebut saja Jepang, Korea, Amerika Latin, Cina, Jerman, Timur Tengah, dan masih banyak lagi. 

Di Jepang dan Korea Selatan, briket arang kerap digunakan untuk keperluan grilling dan memasak di restoran. Bahkan, briket arang batok kelapa asal Indonesia adalah standar yang paling memenuhi syarat bagi negara-negara di Timur Tengah untuk keperluan rokok pipa shisha, loh.

Inilah yang membuat potensi ekspor briket arang batok kelapa terbilang cukup besar dan sangat menjanjikan. Pemerintah pun juga siap memberi dukungan kepada para eksportir briket arang, supaya sektor ini bisa lebih berkembang. Mulai dari bantuan promosi, fasilitas penerjemah, dan sebagainya.

Jadi bagi kamu yang kebetulan tinggal di daerah pesisir pantai atau memiliki banyak pohon kelapa, tak ada salahnya untuk memulai bisnis ekspor briket arang kelapa ini. 

Kini, Kamu Sudah Tahu Cara Ekspor Arang Briket ke Luar Negeri!

Itulah penjelasan terkait cara ekspor arang briket, lengkap dengan harga, strategi pemasaran hingga peluang bisnisnya. Setelah membaca artikel ini, masa kamu masih ragu untuk menggeluti bidang ekspor ini?

Jika kamu tertarik menjadi eksportir briket arang, bukan cuma bisa memperoleh laba yang besar untuk pribadi, kamu juga turut membantu menambah devisa negara dan meningkatkan kesejahteraan para petani kelapa.


1 komentar untuk "Ternyata Begini Cara Ekspor Arang Briket Batok Kelapa, Yuk Simak!"